Jumat, 31 Agustus 2012

Profil Kelurahan


PROFIL KELURAHAN SAMANGRAYA

Kelurahan Samangraya Kecamatan Citangkil  Kota Cilegon  memiliki 10.171 Jiwa Penduduk  dengan beraneka ragam suku dan budaya yang berkumpul dalam satu wadah masyarakat yang harmonis yang dipimpin oleh Lurah A.DIMYATI, SH.MM.( bertugas dari 1990 s/d Sekarang) yang tugasnya dibantu oleh 1 Sekretaris Lurah, 3 Kasi, dan 8 orang  Staff dan memiliki Organisasi seperti LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat), dan Tim Penggerak PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga ) serta Organisasi yang menjembatani antara masyarakat dan Pemerintah melalui wadah perangkat RT dan RW yang terdiri dari 6 RW dan 26 RT.
Kelurahan Samangraya Memiliki Visi dan Misi yaitu :
VISI    : Menjadikan Kelurahan Samangraya yang Terdepan di Kota Cilegon
MISI  : Mengedapankan Pelayanan Prima Kepada Masyarakat dengan menerapkan Standar Pelayanan Minimal

Kelurahan sebagai organisasi pemerintahan yang paling dekat dan berhubungan langsung dengan masyarakat merupakan ujung tombak keberhasilan pembangunan kota khususnya otonomi daerah, dimana kelurahan akan terlibat langsung dalam perencanaan dan pengendalian pembangunan serta pelayanan. Dikatakan sebagai ujung tombak karena kelurahan berhadapan langsung dengan masyarakat, oleh karena itu kelurahan harus mampu menjadi tempat bagi masyarakat untuk diselesaikan atau meneruskan aspirasi dan keinginan tersebut kepada pihak yang berkompeten untuk ditindaklanjuti. Di Samping itu peran Kelurahan  di atas menjembatani program-program pemerintah untuk disosialisasikan kepada masyarakat sehingga dapat dipahami dan didukung oleh masyarakat. Dengan begitu luas dan kompleksnya permasalahan yang ada di Kota Cilegon, seperti dalam usaha peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Sehubungan dengan hal tersebut diatas maka  kami akan menyajikan gambaran kegiatan pemerintahan yang ada di Kelurahan Samangraya sehingga akan dapat diketahui seberapa jauh tugas dan wewenang  yang telah amanatkan  dapat dilaksanakan secara nyata .



1.Keadaan umum Umum Geografis Wilayah
Kelurahan Samangraya terletak disebelah timur Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon dengan Luas Wilayah  +  141.925 Ha.
Dengan ketinggian 3 M dari permukaan Laut,  curah hujan 123 mm/ tahun serta suhu rata-rata 270 celcius.

2. Mobilitas penduduk.
Kelurahan Samangraya mobilitas penduduk tergolong cukup tinggi, hal ini ditandai dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk dan ramainya daerah ini dijadikan sentra pemukiman serta kawasan industri baja dan industri lainnya.

3. Batas Wilayah.
Kelurahan Samangraya dengan batas wilayahnya sebagai berikut :
- Sebelah Utara berbatasan dengan Selat Sunda.
- Sebelah Selatan berbatasan Kelurahan Deringo Kecamatan Citangkil.
- Sebelah Timur berbatasan dengan Kelurahan Warnasari Kecamatan Citangkil.
- Sebelah Barat berbatasan dengan Kelurahan Kubangsari Kecamatan Ciwandan.

4. Orbitasi Wilayah
Kelurahan Samangraya merupakan, salah satu Kelurahan yang letak wilayahnya jauh dari ibukota kecamatan setelah, jarak orbitasinya sebagai berikut :
- Jarak ke ibukota Kecamatan : 3000 m
- Jarak ke ibukota Kabuapaten/Kota : 7000 m


5. Keadaan Penduduk dan Luas Wilayah.
Penduduk di Kelurahan Samangraya termasuk mempunyai penduduk yang heterogen dengan tingkat sensitifitasnya yang rendah, hal ini ditandai dengan kian bertambahnya pendatang yang singgah, dengan komunitas masyarakatnya antara lain Suku Jawa, Suku Sunda, Suku Batak, Suku Minang, Suku Palembang dll, yang didominasi oleh masyarakat Suku Banten.
7. Kondisi Sosial Politik dan Kamtibmas
Selama tahun 2012 kondisi sospol dan kamtibmas berjalan dengan baik, hal ini ditandai dengan tidak adanya gejolak di dalam masyarakat. Namun kejadian kriminilitas tetap ada, hanya relatif sedikit sekali sehingga tidak mengganggu kamtibmas secara umum.

8. Pembangunan
Bidang Pekerjaan Umum Selama tahun 2012 kegiatan pembangunan di wilayah Kelurahan Samangraya meliputi Pembangunan dan Perbaikan Jalan.


9. Kesehatan
Dalam rangka menunjang kesehatan kepada masyarakat di kelurahan Samangraya terdapat 9 buah Pos Yandu, serta 1 buah Klinik Kesehatan 2 buah Rumah Bersalin swasta. Kelurahan Samangraya juga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Cilegon memberi penyuluhan kepada warga dalam mengatasi pencegahan penyakit demam berdarah,yang didukung sepenuhnya oleh Camat Citangkil dan Puskemas Citangkil.

10.  Pendidikan dan kebudayaan.
Guna menunjang visi dan misi Kota Cilegon pendidikan dan kebudayaan terus dikembangkan dan perlu mendapat perhatian dari pemerintah. Bidang Pendidikan dan Kebudayaan di Kelurahan Samangraya dapat kami sampaikan sebagai berikut :
·         1 Buah Sekolah Tinggi Swasta
·         1 Buah SLTA sederajat
·         1 Buah SLTP sederajat
·         7 Buah Sekolah Dasar sederajat
·         5 Buah TK/ TPA

11. Perhubungan
Sarana dan Prasarana perhubungan khususnya di Kelurahan Samangraya berupa perhubungan darat, ditandai dengan banyak beroperasi sarana/armada angkutan darat, sebagai urat nadi perhubungan yang sangat penting bagi mengangkut karyawan pada perusahaan industri.

12. Industri dan Perdagangan
Wilayah Kelurahan Samangraya Kecamatan Citangkil adalah merupakan daerah tujuan pengembangan pemukiman karena dekat dengan Kawasan Industri sehingga tidak heran pertambahan penduduk sangat pesat. Untuk mendukung kebutuhan warga masyarakat disekitarnya banyak sarana perekonomian yang berkembang yang ditandai dengan banyaknya warung-warung Nasi, Warung Sembako dsb..

13. Lingkungan Hidup
Utuk mendukung Program Cilegon Hijau (Green City) peran pemerintah sebagai motivator diperlukan disamping masyarakat yang hidup dan berdomisili di lingkungannya sangat diharapkan, hal ini ditandai dengan digiatkannya penanaman Tanaman Keras yang memiliki manfaat ekonomi langsung seperti Pohon Mangga, Sukun dll  dan Peningkatan kebersihan lingkungan secara terus menerus guna menciptakan Lingkungan yang indah, Asri dan tentunya Sehat.

14. UKM
Usaha Kecil menengah berkembang di Kelurahan Samangraya, hal ini ditandai adanya beberapa UKM yang bergerak di bidang Pengrajin Emping, Pengrajin Bata, Pabrik Roti, Ternak Kambing Etawa, Pembuatan Telor Asin yang selalu dibina langsung oleh Disperindag Kota Cilegon.


15.Ketenagakerjaan
Pesatnya pertumbuhan penduduk dan banyaknya Perusahaan yang ada di Sekitar Kelurahan Samangraya memberikan pengaruh Positif langsung dan tidak langsung terhadap daya serap tenaga Kerja untuk mendukung Sektor industri tersebut.  









Tidak ada komentar:

Posting Komentar